Sabtu, 30 Oktober 2010

Studentsite

STUDENTSITE

Universitas Gunadarma adalah salah satu universitas swasta yang ada di Indonesia. Universitas Gunadarma atau biasa disebut UG, memiliki sebuah aplikasi yang terintegrasi. Aplikasi tersebut dikenal dengan nama “STUDENTSITE”. Saya baru masuk tahun ini (2010), bisa dibilang mahasiswa baru, dan saya juga menggunakan aplikasi tersebut. Awalnya, kita sebagai mahasiswa Gunadarma harus memiliki username dan password untuk Log In ke studentsite dan itu memerlukan yang namanya aktivasi. Setelah aktivasi, baru kita akan bisa menggunakan studentsite tersebut dengan segala manfaatnya dan kita menjadi mahasiswa yang aktif.

Pada layanan studentsite terdapat banyak fitur-fitur yang dapat mempermudah mahasiswa untuk mengakses hal-hal tentang Universitas Gunadarma. Pada bagian depan juga terdapat beberapa fitur seperti :
- Home : halaman depan dimana kita dapat Log in bagi yang sudah ada username dan password, berita seputar UG, dan kemudahan studentsite UG.
- Aktifasi : digunakan untuk aktifasi studentsite agar mempunyai username dan password untuk masuk ke dalam loker masing-masing mahasiswa.
- Kontak : digunakan apabila kita memiliki pertanyaan/saran/keluhan yang berkaitan dengan Studentsite, caranya dengan mengisi form yang tersedia (nama,email dan pesannya).
- FAQ : berisi tentang pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan tentang studentsite.
- Help : berisi langkah-langkah untuk mendapatkan username dan password pada studentsite.

Setelah kita aktifasi, kita dapat Log In dengan username dan password yang kita miliki. Di dalam loker kita, terdapat banyak fitur-fitur yang tidak kalah menariknya dan sangat berguna bagi mahasiswa. Fitur-fiturnya seperti Locker yang berisi general menu (Locker,ChangePassword, dan Preference), BAAK News, Kalender Akademik, dan Menu Layanan Studentsite (Home,www news, baak news, Lecture Messages, rangkuman nilai, jadwal kuliah, jadwal ujian, bebas perpustakaan, surat keterangan, info absensi, pendaftaran lomba blog, info seminar, tulisan, tugas, deposit library, warta warga, blog komunitas perbankan, blog komunitas linux, blog komunitas fotografi, blog komunitas robotika, blog komunitas arsitektur, blog komunitas ekonomi syariah, dan blog komunitas pasar modal). Selain Locker ada menu-menu lain, contohnya Email, Calendar, Addressbook, InfoLog, Filemanajer, Forum, Bookmarks, Polls, dan Logout.

Aplikasi studentsite ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain :
- Dapat diakses dimana saja secara online.
- Kita dapat mengetahui semua informasi tentang Universitas Gunadarma.
- Mempermudah kita untuk mengumpulkan tugas kepada dosen, terutama untuk matkul softskill.

Jika sesuatu ada kelebihannya, maka tidak mungkin jika tidak ada kekurangannya. Studentsite juga memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan, antara lain :

- Di saat-saat tertentu mahasiswa kesulitan untuk melakukan Log In.
- Awalnya, juga terdapat kesulitan untuk aktifasi.


Demikianlah tulisan ini saya buat, semoga bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata, saya meminta maaf apabila ada kesalahan yang disengaja ataupun tidak dalam tulisan ini, karena saya hanya manusia yang tak luput dari sebuah kesalahan. Terima kasih.

http://www.studentsite.gunadarma.ac.id

Nama : Eka Rohmawati
NPM : 22210293
Kelas : 1EB17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar