Kamis, 07 Oktober 2010

Tugas Peng.Komp & TI 1A

PEMANFAATAN KOMPUTER DI BIDANG DESAIN GRAFIS


            Saat ini, hampir semua orang tahu dan mengenal komputer. Komputer yang kini sudah merabah ke setiap kalangan, baik tua maupun muda, baik di kota maupun di desa,  mempunyai fungsi dan manfaat yang bermacam-macam, tergantung siapa yang menggunakannya dan untuk apa komputer itu digunakan. Bahkan di zaman yang modern ini, anak-anak sejak dini sudah mulai diperkenalkan dengan komputer. Dan hampir semua bidang menggunakan komputer, contohnya, di bidang pendidikan, digunakan guru untuk mengajar murid-muridnya, di bidang meteorologi dan geofisika, digunakan untuk memantau dan mengetahui iklim dan cuaca di daerah tertentu, dan masih banyak lagi bidang-bidang yang menggunakan komputer.

            Di sini, akan dibahas salah satu manfaat komputer yang juga tidak kalah penting dan menariknya.  Komputer yang memiliki banyak aplikasi dimana setiap aplikasinya memiliki fungsi yang berbeda-beda, salah satunya adalah aplikasi Corel Draw. Aplikasi ini banyak digunakan di bidang desain grafis. Selain corel draw ada juga sebagian yang menggunakan aplikasi adobe photoshop. Sebuah studio foto atau percetakan contohnya, sudah menggunakan aplikasi-aplikasi seperti ini. Memang tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menggunakan aplikasi corel draw atau photoshop, tapi jika sudah mahir, akan memperoleh keuntungan yang tidak sedikit. Dengan aplikasi ini terutama corel draw, kita bisa mendesain undangan, spanduk, backdrop panggung, logo, pin, gantungan kunci, gantungan handphone dan masih banyak lagi. Mereka yang bekerja di sebuah percetakan, tidak harus lulusan sarjana komputer, karena bisa dan mampu untuk membuat desain, maka pekerjaan pun mereka dapatkan. Dengan komputer, seseorang bisa mengubah kulit yang hitam menjadi putih, wajah yang tidak begitu cantik bisa cantik luar biasa, bisa membuat logo perusahaan, itulah komputer. Desain grafis yang lebih menitik beratkan pada pembuatan desain, lebih menuntut kita untuk berapresiasi atau berimajinasi menentukan konsep dan sebagainya. Tapi kita tidak usah khawatir, dengan komputer apa saja bisa dilakukan. Selama itu baik dan berguna bagi orang lain, komputer itu akan tetap jadi alat canggih yang benar-benar bisa membantu pekerjaan manusia.

            Seperti yang disebutkan di atas, ada sebuah realita atau sebut saja ini kisah nyata. Di sebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) terdapat seorang siswa yang biasa saja, tapi memiliki kemampuan untuk menggunakan salah satu aplikasi komputer yaitu corel draw. Anak itu menjadi pengurus dalam sebuah organisasi di sekolahnya dan ketika akan diadakan kegiatan atau acara yang berkaitan dengan organisasi tersebut, panitia tidak usah berpikir keras untuk merancangan spanduk atau backdrop panggungnya, karena ada dia yang bersedia membantu menuangkan idenya. Dengan kemampuannya menggunakan aplikasi corel draw dan mahir mengoperasikan komputer, dia bisa melakukannya. Suatu ketika, dia membulatkan tekadnya untuk menggeluti dunia bisnis, meskipun dia masih sekolah tapi dia ingin menghasilkan uang dari hasil kemampuannya sendiri. Dengan modal seadanya, dia mulai menyebarkan brosur ke teman-teman sekelasnya terlebih dahulu, dan alhasil, teman-temanya pun tertarik dengan desain pin, gantungan kunci atau gantungan handphone yang dia buat, harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal, sesuai untuk kantong anak sekolahan. Diawali dengan teman sekelas, kemudian menjalar ke teman-teman satu sekolah, hasil yang cukup memuaskan untuk apresiasi yang dimiliki seorang anak SMA.
           
Sepenggal penjelasan dan cerita di atas, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah sebuah alat yang multi fungsi. Untuk bidang desain grafis sendiri, begitu banyak manfaat,  selain membuat produk yang diinginkan untuk diri sendiri maupun untuk diperjualbelikan yang akan mendatangkan keuntungan. “Seseorang tidak bisa mengoperasikan komputer maka orang tersebut akan sulit menerima pekerjaan”, begitulah istilah untuk saat ini, zaman yang serba menggunakan komputer.


Nama : Eka Rohmawati
Kelas : 1EB17
NPM : 22210293 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar